Pelatihan Batik Ecoprint di Sidoarjo

Pelatihan Batik Ecoprint di Sidoarjo

Batik ecoprint, sebuah seni yang menggabungkan keunikan motif alam dan keindahan alam, semakin menarik perhatian pecinta seni dan lingkungan. Pada 20 September 2023, dilaksanakan pelatihan batik ecoprint yang diselenggarakan oleh TrainingUKM bekerjasama dengan Kedaireka FT UNESA 2023.

Batik ecoprint adalah sebuah seni Batik dengan penekanan pada proses yang Eco-Friendly, dan kini sedang naik daun di Indonesia. Ibu Unick, pemilik Daun Efek, Batik Ecoprint Sidoarjo, selaku trainer dalam pelatihan tersebut memberikan pandangan mendalam tentang batik ecoprint, yang kini semakin populer di kalangan seniman dan pengrajin.

Pelatihan Batik Ecoprint

Ibu Unick, dengan keahliannya dalam seni batik ecoprint, telah memberikan kontribusi besar dalam mengembangkan warisan budaya Indonesia ini. Sebagai pemilik Daun Efek, beliau tidak hanya menciptakan karya-karya unik, tetapi juga berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dan keahliannya melalui pelatihan. Hubungi Tim Training UKM di : 0877 600 72 777 / 0857 2223 8342.

Pelatihan batik ecoprint diadakan di Sidoarjo dan diikuti oleh sebanyak 10 peserta. Peserta tidak hanya diajak untuk memahami teknik batik ecoprint secara teoritis, tetapi juga terlibat langsung dalam merasakan inspirasi alam Sidoarjo melalui bahan-bahan yang digunakan, seperti daun, bunga, dan rempah-rempah lokal.

Baca juga : Strategi pemasaran produk umkm melalui penerapan digital marketing

Salah satu sorotan utama dari pelatihan ini adalah penggunaan mesin steamer otomatis karya CV Cahaya Berkah Gusti. Ibu Unick menjelaskan bagaimana penggunaan teknologi ini dapat mempercepat dan mempermudah proses pembuatan batik ecoprint. Mesin steamer otomatis memungkinkan hasil yang konsisten dan meminimalkan risiko kesalahan manusia, sehingga peserta dapat lebih fokus pada aspek kreatif dari seni batik.

 

Langkah Langkah Membuat Batik Ecoprint

Langkah-langkah pembuatan batik ecoprint diawali dengan persiapan bahan yaitu kain katun atau serat alami yang bersih dan bahan-bahan alami seperti daun, bunga, kulit, atau rempah-rempah yang akan digunakan sebagai pewarna.

Selanjutnya, kain yang sudah disiapkan, diratakan di permukaan datar dan halus, lalu susun bahan-bahan alami di atas kain sesuai dengan desain yang diinginkan. Setelah penyusunan desain telah selesai, selanjutnya dilapisi lagi kain di atasnya.

Setelah itu, kain dibungkus plastik dan ditali hingga semua kain terbungkus. Kain siap dikukus dalam mesin steamer ecoprint. Mesin steamer diisi air hingga kain yang sudah dibungkus terendam dan di bagian bawahnya terdapat saringan air.

Biasanya, tanpa menggunakan mesin, pengukusan batik ecoprint bisa berlangsung selama 1-3 hari. Dengan menggunakan mesin steamer otomatis Sidoarjo , proses pengukusan hanya memerlukan waktu 2 jam. Pada proses ini, pewarna alami menyerap ke dalam serat kain.

Baca juga : Cara jualan di youtube untuk pemula

Setelah pengukusan selesai, biarkan kain dingin. Selanjutnya, buka pembungkus kain secara perlahan dan pelan-pelan kelupas bahan alami dari kain. Lakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada motif yang dihasilkan. Setelah kering, hasil ecoprint siap dipamerkan.

Pelatihan batik ecoprint bukan hanya tentang menciptakan karya seni yang indah. Ini adalah perjalanan mendalam ke dalam keunikan warisan budaya Indonesia yang terus berkembang. Dengan sentuhan inovatif seperti penggunaan mesin steamer otomatis, tradisi batik tetap hidup dan terus mempesona generasi baru. Melalui pelatihan ini, harapannya semakin banyak orang yang terinspirasi untuk menghargai dan melestarikan seni batik ecoprint, menciptakan jejak indah mereka dalam warisan budaya kita.

About jurnalismagang seokreatif

Check Also

Kiat kiat dalam Membangun UKM

Kiat-kiat dalam Membangun UKM

Beberapa Kiat kiat dalam Membangun UKM yang Akan Kami coba ulas dalam artikel ini. Adanya …