Bisnis model kanvas adalah sebenarnya konsep memetakan bisnis ala The Business Model Canvas Next Generation. Bila Anda coba cari di Google pasti dapat banyak informasi tentang hal ini. Ada nama Alexander Osterwalder dan Igves Pigneur yang sering disebut sebagai pengembang konsep ini. Konsep ini layak kita apresiasi, karena memang konsepnya sangat bagus dan sederhana untuk langkah awal memulai dan mensistematisasi bisnis. Ada yang masih bingung dengan penjelasan 9 elemen Bisnis model kanvas ? TRAINING UKM akan coba berbagi informasi tentang materi ini dalam kategori tips wirausaha.

Manfaat Bisnis model kanvas

Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh bila mau mempelajari konsep Bisnis model kanvas dan menerapkannya dalam aktivitas usaha sehari – hari. di Surabaya sendiri, Bisnis model kanvas sering Kita coba mainkan / Kita ajak praktek para calon wirausaha maupun wirausaha baru dan UKM menyusun ulang mindset pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya masing – masing. Bila disimpulkan manfaat Bisnis model kanvas ada 4 yaitu :
– Alat untuk Merencanakan Bisnis
– tools mendiagnosa bisnis
– alat menyusun strategi bisnis
– tools untuk mengevaluasi bisnis

Karakteristik Bisnis model kanvas

Bisnis model kanvas memiliki beberapa ciri khas. 9 elemen Bisnis model kanvas adalah rencana utama penyusunan konsep bisnis melalui pendekatan yang sangat kreatif dan pengembang konsep terlihat peka akan kondisi vital dalam bisnis. Ciri khas lain dalam Bisnis model kanvas diantaranya :
– Memiliki Kanvas dengan 9 elemen yang terlihat seperti poster edukasi bisnis yang keren
– Alat praktis untuk menyederhanakan konsep bisnis yang lengkap hanya dalam 1 kanvas
– Konsep Kanvas yang dapat “memaksa” tim dan owner berpikir tepat, praktis dan ringkas

9 elemen Bisnis model kanvas

Kita akan coba bahas komponen utama yang dikenal dengan istilah 9 elemen dalam Bisnis model kanvas agar Anda mudah menggunakannya dalam menyusun rencana maupun strategi bisnis ke depan. Sementara Kami tulis dulu soal 9 elemen Bisnis model kanvas itu apa saja dalam artikel ini dan Kami berikal sedikit clue / petunjuk poin kuncinya dalam bahasa Indonesia. Jika Anda sudah tidak sabar ingin tahu penjelasan 9 elemen bisnis model kanvas ini bisa juga kunjungi informasi business model canvas di wiki
1. Value Proposition (Bicara Nilai Tambah/Keunggulan)
2. Customer Segments (Membahas Tipe Konsumen)
3. Channel (Berisi Saluran / acara mengkses calon konsumen)
4. Customer Relationship (bab tentang cara menjaga hubungan dengan konsumen)
5. Revenue Streams (Bicara tentang Aliran pendapatan)
6. Key Partner (Berisi Mitra Utama pendukung bisnis)
7. Key Activity (Tentang Aktivitas UTama bisnis)
8. Key Resources (bab Modal dasar / Sumber daya utama bisnis)
9. Cost Structure (Terkait Struktur biaya pengeluaran)

9 elemen Bisnis model kanvas diatas biasanya Kami bawakan jadi sebuah materi tersendiri, baik itu di perusahaan, komunitas bisnis, Ukm Umkm binaan, peserta mentoring bisnis dan bahkan di kampus dan sekolah yang menanamkan mindset kewirausahaan sejak dini. Materi ini sangat cocok bila bertemu dengan peserta yang fokus dalam merumuskan rencana dan senantiasa berusaha mengukur keberhasilan rencana dengan capaian eksekusi di lapangan langsung. Untuk artikel Selanjutnya mungkin akan lebih membahas 9 blok kolom diatas lebih luas. Namun, Bila perusahaan / Kantor Anda membutuhkan materi ini dibawakan langsung oleh narasumber dari Training UKM, Silahkan dicoba atur jadwal dengan Admin di : 0899 33 999 44 / 0822 456 900 33 (Chat / WA). Sebelumnya boleh Cek Portofolio Training UKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *