Strategi pengembangan ukm di indonesia, 08993399944 ( Tri / Wa / Line )


Berbagi Strategi pengembangan ukm di indonesia, tips kewirausahaan ukm, fenomena ukm di Indonesia, Untuk kerjasama Bisnis Hubungi : 08993399944 ( Tri / Wa / Line ). Mari Sinergikan Potensi dan Kekuatan, agar turut membangun ekonomi masyarakat Indonesia lebih Makmur Sentosa, dengan cara – cara yang HALAL dan THOYIB.

UMKM dan UKM merupakan sebutan lazim bagi para pelaku usaha Mandiri. Sebagai pejuang ekonomi di lapangan terkadang nasib umkm dan ukm seolah berjuang sendiri tanpa ada peran keberpihakan yang berkelanjutan. Semakin modern kondisi zaman, bukan serta merta menjadi baik dan rapi keberadaannya, terkadang malah terlihat semakin amburadul dan kasihan. Selalu menjadi salah satu isu utama bila saat kampanye pemimpin negeri ini, karena massanya yang kian hari semakin bertambah jumlahnya, dan hingga saat ini tetap menjadi bagian yang terbukti sukses mampu menjaga kestabilan ekonomi di Indonesia karena bersentuhan langsung dengan hajat hidup orang banyak di level bawah utamanya. Pola – pola / konsep pengembangan ukm dan pengelolaan ukm yang terus dijadikan bahan program kegiatan pengembangan ukm oleh pemerintah belum mampu memberikan efek yang signifikan bagi pertumbuhan ukm yang mandiri.

Ironisnya terkadang umkm dan ukm sering dianggap hanya, pemain kecil, pemain tradisional, pemain proyek pemerintahan dll. padahal tidak semua umkm dan ukm seperti itu, sudah cukup banyak juga UKM INDONESIA yang telah berhasil Ekspor dan UKM Indonesia yang telah merajai pasar dunia Online. Namun faktanya karena jumlah pelaku umkm dan ukm nya sangat besar, “imej” miring itu masih melekat luas di masyarakat Indonesia. fenomena ukm di Indonesia ini sangat unik. bagi sebagian ukm yang bermental pebisnis lahir dari para @mentorbisnisukm, berbagai cara akan dilakukan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan bisnisnya dan cenderung tidak tergantung pada siapapun. artinya ukm berusaha sendiri dengan segala keterbatasannya untuk menjadi mandiri dan sukses dengan caranya. kalau ada yang ukm bener – bener mandiri lalu kenapa “imej” ukm juga tidak seberapa bagus ? hal ini dikarenakan kebiasaan dan pembiasaan yang dilakukan oleh oknum – oknum yang notabene bersinggungan dengan ukm, yang kemudian juga di Aaamini oleh umkm ukm yang notabene “manja” atau terkadang bukan manja tapi memang bener- bener terdesak alias kepepet, yang mengakibatkan terjadilah kerjasama yang menguntungkan antara umkm ukm dengan lembaga/institusi/oknum yang menjadi fasilitatornya dan tidak semestinya dilakukan dengan cara – cara yang melanggar etika dan norma.

strategi pengembangan ukm di indonesia, 08993399944

strategi pengembangan ukm di indonesia, 08993399944

Anda dapat juga melakukan riset / crosscheck di lapangan, ada 2 (dua) hal yang paling tidak, dapat anda bandingkan. Pertama, bagaimana Konsep pengembangan ukm, pengembangan kewirausahaan ukm, yang dilakukan oleh instansi – instansi / dinas – dinas di negeri ini apakah berhasil ? apa yang telah mereka lakukan ? Kemudian yang kedua coba cek juga “ayah angkat” umkm ukm Indonesia yang muncul dengan Program pengembangan ukm, dan dilakukan oleh perusahaan PMA maupun BUMN melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) dan PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan). dapat dicoba di compare / dibandingkan, seperti apa program yang dilakukan keduanya ? kami masih melihat hal yang kedua yang lebih dapat dirasakan kemanfaatannya lebih besar bagi masyarakat khususnya umkm dan ukm. kenapa bisa seperti itu ? Hal ini tidak terlepas dari pengetahuan memahami bisnis dan mengerti ukm, Strategi pengembangan ukm di indonesia seperti apa dan bagaimana harus dilakukan. kemudian goals / tujuan dari program pengembangan ukm yang dilakukan harus bagaimana baiknya, serta budgetting anggaran yang disiapkan dan diterapkan pada saat pelaksanaan.

Pengalaman kami di lapangan yang kami lihat pola – pola pengembangan umkm ukm di Indonesia yang dilakukan lembaga / institusi / OKNUM, biasanya terjadi tumpang tindih sektoral, pelaksanaan yang asal jalan, asal terlaksana sehingga imej nya seolah telah dijalankan kewajiban membantu umkm, ukm atau membantu rakyat sudah dilakukan. Padahal bila dicermati lebih serius dan detail, kira – kira pola pengembangan ukm seperti apa yang telah dilakukan dan berhasil ?

Oleh karena itu, takjarang dalam obrolan di warung kopi banyak yang berkomentar miring, dan Kami biasa menyebut juga, bahwa pelaku yang memfasilitasi ukm hanya sebatas kejar BRANDING kejar SETORAN saja. kok bisa ? iya, kalau mau melihat amati sungguh – sungguh di lapangan, siapa yang bermain ? siapa saja pemainnya ? siapa yang mengelola anggaran, dan seberapa efektif yang mereka lakukan ? bagaimana monitoringnya? siapa yang terimbas dari kegiatan itu ? apa benar gara – gara kegiatan yang diadakan itu ukm jadi mampu berbuat banyak ? coba hitung berapa banyak dana yang telah dikeluarkan ? berapa banyak manfaat / impact nya bagi masyarakat ? apakah hal tersebut efisien ? apakah amanah dana yang dianggarkan 100% dipakai untuk ukm ? Sehingga terkadang sangat ingin Kami mengingatkan kawan – kawan kami yang masih terus bergerak, menjadi pelaku fasilitator UKM di lapangan. Ingin berbisik lembut, Kawan hati – hati perhatikan juga,  HALAL tidaknya program pengembangan ukm yang Anda jalankan ?

Selanjutnya, Agar semangat untuk Pengembangan kewirausaha dan ukm tetap bergelora di jiwa anda. perhatikan lanjutan artikel berikutini. Strategi pengembangan ukm di indonesia seperti apa yang ingin dibagikan penulis ? berikut Kami coba rangkum apa yang harus dilakukan untuk mendukung Strategi pengembangan ukm di indonesia, menjadikan Pusat pengembangan ukm lebih optimal, hal ini berkaitan erat juga dengan strategi pengembangan kewirausahaan.
Caranya :
1. UMKM dan UKM harus dibangun Mentalnya duluan, dibekali Mental Kewirausahaan yang Handal, agar siap mengalami kondisi nyaman dan tidak nyaman sekalipun.
2. Buat Konsep pengembangan ukm, Program pengembangan ukm yang berkelanjutan, tidak hanya kondisional, sehingga dari input sampai output jelas terlihat hasil dan dapat dievaluasi nyata.
3. Pilih Praktisi bisnis dan Konsultan Bisnis yang tepat untuk menjalankan Program pengembangan ukm agar sukses. bukan hanya pilih praktisi bisnis – konsultan bisnis yang Nurut, Like and Dislike, apalagi cari yang lazim dimana dapat diajak kongkalikong proyek. (Ingat Tanggung Jawab Akhirat)
4. Ajak UKM belajar terus, belajar bisnis online bagi pemula ciptakan Ukm online indonesia. karena eranya sudah bergeser. bukan dilatih buat website nya bukan dilatih mempelajari codingnya tapi diajarkan cara JUALannya, cara membangun saluran distribusinya, menciptakan peluang keagenan, reseller dll.
5. UKM mandiri berawal dari niat dan hati yang selalu berjuang dan bergerak (ikhtiar), fasilitator hendaknya selalu mengingatkan dan membangun kesadaran
6. Ajari umkm dan ukm dari dasar dengan dihadapkan pada kondisi real yang terjadi di lingkungannya.
7. UMKM dan UKM yang sudah lahir, perlu dibuatkan semacam grup / forum lokal yang dapat dijadikan tempat berbagi, bertanya, berkeluh kesah dan sarana informasi dan sambung silahturahim.

Demikian yang dapat Kami sampaikan, semoga Strategi pengembangan ukm di indonesia dalam artikel ini dapat sedikit memberikan manfaat bagi dan pencerahan. untuk diskusi lebih lanjut tentang cara -cara. konsep, Strategi pengembangan ukm di indonesia. Silahkan hubungi k CS Kami di nomor :
0899.33999.44 (Tri/Wa/Line)
http://trainingukm.com
mentorkreatif@gmail.com

(@mentorbisnis – RA – trainingukm.com)

*Note : wirausaha setelah resign,  membuka usaha setelah pensiun, memulai usaha setelah resign, Persiapan usaha menjelang pensiun, karyawan ingin jadi pengusaha,

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.